Bila anda diresahkan dengan PUNGLI, ini solusinya

Posted on at


Untuk memudahkan pelaporan pungli yang dilakukan pada suatu instansi atau institusi pemerintahan Anda bisa download aplikasi LAPOR pada smartphone anda https://lapor.ukp.go.id/download/

Begini contoh urutan pelaporan ke UKP4 bila dikenakan pungli:

1. Ada oknum petugas menarik biaya di luar ketentuan yang berlaku saat kamu sedang mengurus izin usaha atau administrasi kependudukan. Apa yang kamu lakukan?

2. Lapor. Sekarang kamu tidak perlu bingung, informasikan kapan dan di mana kamu mengurus dokumen tersebut serta nama/jabatan/ciri-ciri oknum petugas. Sampaikan masalah tersebut ke website lapor.ukp.go.id, SMS ke 1708 atau mobile apps di android/BlackBerry.

3. Verifikasi laporan. Kami akan verifikasi laporanmu. Pastikan laporanmu disampaikan secara kronologis, jelas, dan lengkap guna memudahkan tindak lanjut.

4. Disposisi Tindak Lanjut Laporan. Laporanmu akan diteruskan secara cepat dan tepat ke instansi terkait untuk mendapatkan respons dan tindak lanjut agar substansi permasalahan dapat dituntaskan. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan instansi pemerintah.

5. Laporan Selesai. Pelaku dihukum, pungli diberantas. Masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang prima dari pemerintah.

Bilan anda tak bisa install aplikasi, bisa dengan kirim SMS.ke 1708

Mudah bukan? mari sekarang kita bantu pemerintah memberantas PUNGLI dan jadikan INDONESIA lebih bersih.


TAGS:


About the author

160