Google indonesia di jahili :D

Posted on at


JAKARTA, KOMPAS.com — Momen hari raya Idul Adha tak membuat para peretas (hacker) berhenti melakukan aksi buruknya. Kelompok peretas bernama "MadLeets" telah menjahili situs Google Indonesia, google.co.id. Kejadian ini dilaporkan pengunjung situs tersebut mulai Minggu (5/10/2014) dini hari.

Berita soal Google Indonesia telah diretas ini dengan cepat menyebar di media sosial dan membuat heboh pengguna internet Indonesia.

Laman Google Indonesia memang selama beberapa saat tampil tak seperti biasanya. 

Halaman "putih" Google berubah menjadi berlatar belakang hitam dan diramaikan dengan tulisan klaim dari peretas, seperti "Security is just an illusion", "Struck by 1337", dan "Google Indonesia stamped by Team Madleets".

Ternyata bukan server Google yang berhasil ditembus peretas tersebut. Peretas diduga hanya melakukan "DNS Hijacked" dengan mengubah alamat DNS yang merujuk ke Google Indonesia ke situs "hitam" yang telah mereka buat sebelumnya. 

DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang bertugas mengubah alamat IP menjadi nama yang lebih mudah diingat. Peretas berhasil mengakali sistem ini dengan mengalihkan alamat google.co.id ke situs yang mereka tentukan.

Dalam kasus ini, seperti dikutip dari sebuah diskusi di Kaskus, peretas mengalihkan DNS "google.co.id" di alamat IP "192.99.147.160" dialihkan ke "host b0x1.madleets.com" yang beralamat IP "167.114.12.10".

Menurut pantauan KompasTekno, "menghitamnya" situs Google Indonesia hanya menimpa pengguna yang menggunakan layanan Indosat, First Media, dan Telkom Speedy. Saat dicoba menggunakan provider internet lain, laman Google Indonesia tetap normal menampilkan halaman seperti biasa.

Belum ada pernyataan resmi dari Google Indonesia dan Telkom Speedy atas kejadian ini.

Update: PT Telkom Indonesia dan Google mengeluarkan pernyataan resmi terkait kasus ini, baca "Google Indonesia Sempat Bermasalah di Speedy, Ini Kata Telkom".



About the author

dzu-al-qurnain

Like all the thing I have :)

Subscribe 0
160