MAKALAH PENJELASAN VOICE OVER IP (VOIP) DAN SOFTSWITCH

Posted on at


MAKALAH
PENJELASAN VOICE OVER IP (VOIP)
DAN
SOFTSWITCH

 

 


Oleh :
 Mochammad Fachrizal Affandi (09)
 Muhammad Faizal Ivanda (13)
 Muhammad Mirza Naufal (15)
 Muhammad Zamzamy (17)


TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 1 CERME
GRESIK
2014

 

 

 

 

PENJELASAN VOICE OVER IP (VOIP)
DAN
SOFTSWITCH

 

 

I

Kata Pengantar

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan Rahmat serta Taufik dan Hidayah-Nya, sehingga makalah ini bias terselesaikan tanpa halangan suatu apapun.
Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penyusun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Yoyok Tri Haryoko selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cerme, yang memberikan kesempatan untuk belajar di Sekolah ini.
2. Bapak Moh. Yaenuri S.T selaku pembimbing pelajaran Komudata yang memberi dorongan dan masukan kepada penyusun dan penulis.
3. Bapak Moh. Haris Ubaidillah selaku Wali Kelas kami yang memberikan materi pendukung, masukan, dan bimbingan kepada penyusun dan penulis.
Penyusun dan menulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, diharapkan Kritik dan Sarannya dari rekan-rekan yang bersifat membangun untuk penyemurnaan makalah ini.

Gresik, 9 September 2014

Penyusun dan Penulis

II

Daftar Isi

Halaman Judul …………………………………………………. I.
Kata Pengantar …………………………………………………. II.
Daftar Isi ……………………………………………………….. III.
Bab I ……………………………………………………………... 1.
Bab II ……………………………………………………….. 2.
Bab III ……………………………………………………….. 6.
Daftar Pustaka …………………………………………………. 7.

 

 


III
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam era yang serba teknologi ini, tentunya kemajuan di bidang pendidikan berkembang pesat. Kemajuan yang dicapai oleh manusia, baik itu di bidang sosial, informasi, maupun komunikasi. Salah satunya adalah untuk mengetahui bagaimana system yang digunakan pada Voice Over IP (VOIP).

1.2 Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian ini mencakup semua tentang Sistem Voice Over IP (VOIP) dengan memperhatikan bagaimana system kerja VOIP.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuan pembuatan makalah ini adalah :
1. Agar mengetahui system kerja VOIP.
2. Agar siswa paham dengan apa itu VOIP.
Manfaat :
1. Memberi pengetahuan baru kepada siswa.
2. Menambah wawasan kalau bukan hanya telepon yang bias digunakan untuk komunikasi.

 

 

1.
BAB II
Voice Over IP (VOIP)

 Pengertian
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) dalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
 Cara kerja VOIP
VoIP mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter.
Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.
 Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah :
1. Komputer yang terhubung ke internet
2. Mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon
3. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.
Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI).

 

 


2.
 Softswitch
Softswitch merupakan teknologi komunikasi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan layanan suara, data, dan multimedia secara terpadu. Selain itu softswitch juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan PSTN (Jaringan telpon tetap) dalam bermigrasi menuju jaringan data. Sebagai konsep yang baru, softswitch juga diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih baik bagi berbagai permasalahan yang timbul pada PSTN, baik secara teknis maupun non teknis.
 Bagian-bagian softswitch
Softswitch dikembangkan secara terpisah, perangkat keras (hardware), disebut Media Gateway (MG) dan perangkat lunaknya (software), disebut Media Gateway Controller (MGC) yang fokus pada software call-processing.
 Bagaimana cara kerja softswitch ?
MGC akan bekerja di tataran pengaturan panggilannya (call control) serta call processing. MGC akan mengontrol panggilan yang masuk untuk mengetahui jenis media penggilan dan tujuannya. Dari situ, MGC akan mengirikan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intrakoneksi jaringan sirkuit ke sirkuit atau paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya.Jika diperlukan, MGC akan meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan, atau langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi. Antara MGC dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protokol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol). Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC yang lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu. Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), sementara jika berhubungan dengan jaringan paket, maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol).

 

 

 

 

 


3.
 Cara kerja MGC seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan MG sendiri ‘hanya’ akan bekerja sebagai converter antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. Di sini fungsi softswitch menjadi hanya setara dengan ‘switch analog’ dan tidak memberikan layanan yang lain. MG juga bisa bekerja di sisi pelanggan maupun penyedia layanan, dimana softwitch bukan hanya berfungsi sebagai converter, namun juga memberikan feature lebih, termasuk dial-tone tentunya. Pada posisi ini, maka softswitch akan bekerja lebih kompleks.

 

 

4.
 Perubahan menuju NGN dengan menggunakan softswitch :

 Bagaimanakah peranan Softswitch dalam NGN itu sendiri ?
Softswitch akan memegang peranan penting di masa transisi dimana di satu sisi jaringan sirkit masih eksis sementara di sisi lain kebutuhan akan jaringan paket makin besar, terutama diasari alasan bahwa jaringan paket lebih ‘hemat’ dan lebih handal dalam pengiriman informasi terutama yang dalam format data, juga munculnya teknik paket suara (packet voice) yang membuat suara yang dikirim mampu dikonversi menjadi bentuk paket digital untuk kemudian dikirim via jaringan paket, ditambah fakta bahwa dengan perubahan dari sirkit ke paket akan banyak biaya yang bisa ditekan, terutama biaya opersional. Hal-hal seperti itulah yang semakin memacu terwujudnya jaringan paket terintegrasi dengan nama Next Generation Networks (NGN)

 

 

 

 

5.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan :
Voice Over IP sistemnya adalah tidak melewati sirkuit analog telepon biasa. Tetapi menggunakan media internet. Jadi VOIP menerima suara, lalu data suara tersebut dikonversikan menjadi kode digital (semacam bilangan biner) dan dikirim dalam bentuk paket data melalui media internet.
Terdapat juga Softswitch. Yaitu, merupakan teknologi komunikasi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan layanan suara, data, dan multimedia secara terpadu.
Dan juga sudah dijelaskan diatas mengenai cara kerja Softswitch dan bagian-bagian Softswitch yang lainnya.

Kritik dan Saran :
Mungkin dari beberapa rekan sejurusan bisa memberikan kritikan dan saran bagi penyusun makalah. Makalah ini disusun agar kita bisa mengetahui bagaimana VOIP itu bekerja dan cara kerja atau system kerja VOIP itu bagaimana. Makalah ini juga bisa dibilang tidaklah sempurna. Maka dari itu, Kritik dan saran diperlukan untuk perkembangan kedepannya.
Terima Kasih.

 

 

 

6
DAFTAR PUSTAKA

Voice Over IP ……………………… id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

VoIP …………………………….. www.jaringankomputer.org

Softswitch ……………………… en.wikipedia.org/wiki/softswitch

 

 

 

 

 

 

 

 


7.



About the author

160