Matikan getaran di keyboard

Posted on at


Merdeka.com - Banyak pengguna smartphone Android yang membiarkan keyboard QWERTY mereka bergetar atau bahkan bersuara saat diketuk. Meski sepele, hal ini dapat membuat daya baterai smartphone semakin cepat terkuras.

Nah, jika Anda ingin mematikan getaran atau suara di smartphone Android, caranya sangat mudah. Tetapi sebelumnya Anda harus lebih dulu mengetahui aplikasi keyboard apa yang tengah Anda gunakan, kerena cara mematikan getaran dan suara di masing-masing aplikasi keyboard berbeda.

Kali ini, merdeka.com akan mengulas cara mematikan getaran dan suara yang ada di aplikasi Google Keyboard dan Swiftkey yang banyak dipakai oleh pengguna smartphone Android Indonesia.

Langkah pertama adalah mengakses menu pengaturan atau 'Setting'. Setelah itu, pilih opsi 'Bahasa dan masukan' dan lihat bagian 'Keyboard & Metode Masukan'. Di bagian itu Anda akan melihat keyboard apa saja yang terpasang di smartphone Android Anda.

Nah, jika Anda menggunakan Google Keyboard, ketuk tanda panah di abu-abu di ujung kiri. Setelah itu akan muncul jendela baru yang memperlihatkan menu setelan Google Keyboard. Lalu, Anda perlu mengetuk tanda centang di opsi 'Getar jika tombol ditekan', 'Berbunyi jika tombol ditekan', dan 'Muncul saat tombol ditekan'.

Selesai! Setelah tanda centang di ketiga opsi itu hilang, maka Google Keyboard tidak akan lagi mengeluarkan getaran atau suara.

Apabila Anda mempunyai aplikasi Keyboard Swiftkey, di bagian 'Keyboard & Metode Masukan' tinggal pilih 'Swiftkey'. Lalu, di jendela pengaturan Swiftkey yang baru muncul tersebut pilih opsi 'Sound&Vibration'.

Untuk mematikan suara dan getaran di keyboard Swiftkey Anda, tinggal hilangkan tanda centang di pilihan 'Keypress sound' dan 'Keypress Vibration'.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

[bbo]

TAGS:


160