Resep Rendang Sapi ( Masakan Padang )

Posted on at


Rendang ialah salah satu kuliner warisan leluhur Indonesia yang sangat terkenal karena kayanya rasa yang dihasilkan dan bumbu- bumbu pilihan dan rempah- rempah yang digunakan. sebagaimana telah kita ketahui jika ada yang membahas akan masalah makanan ini tentu bayangan kita akan langsung terbang dan membayangkan sebuah rumah makan Padang. mengapa hal itu bisa terjadi? karena selama ini Rendang dan Padang adalah salah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, dimanapun anda berada, dan bintang berapapun warung padang yang anda kunjungi, pasti mereka selalu menawarkan Rendang Daging, karena dari Padanglah tepatnya Minangkabau Resep Rendang Daging dulu berasal. bagi seluruh warga Minang Rendang ialah salah satu kuliner tradisi yang wajib ada disaat berbagai macam kegiatan dan acara adat, dan hal ini telah berlangsung secara turun temurun dan telah menjadi tradisi sendiri.

Salah satu hal yang membuat Rendang selalu diburu oleh orang- orang adalah rasa rempahnya yang kuat dan enak jika dimakan dengan nasi hangat. hal ini tak lepas dari adanya berbagai macam rempah- rempah khas Indonesia seperti kunir, lengkuas, bawang merah, serai, bawang putih, lombok dan lainnya. hal inilah yang menghasilkan rasa luar biasa dan khas. selain banyaknya bumbu yang digunakan pada Resep Rendang, ada sebuah fakta unik dibalik Resep Rendang yaitu pada umumnya masakan Indonesia yang menggunakan Santan tidak akan bertahan lama, dan pada kurun waktu tertentu akan ada perubahan rasa yang cukup mencolok dan menyebabkan tidak layak konsumsi lagi, akan tetapi hal ini berbeda dengan Resep Rendang, karena semakin lama disimpan rasa Rendang akan semakin Nendang!! hal inilah yang membuat orang terkadang membuat Rendang 3 hari sebelum acara, agar pada saat hari H, bumbu Rendang telah makin Meresap dan rasanya makin mantaap! :)

Pada Awalnya Resep Rendang selalu identik dengan Daging sapi, akan tetapi kini sudah banyak juga varian Resep Rendang Lainnya seperti Resep Rendang Telur,Rendang Jengkol, Rendang Hitam, Rendang Ayam, Resep Rendang Padang Kering dan masih banyak lagi lainnya. dan kali ini Bunda akan berbagi  :

Resep Rendang Daging Sapi Sederhana Khas Padang Pariaman

Bahan Resep Rendang Daging Sapi Sederhana Khas Padang Pariaman :

  •     1 kg daging sapi khas, potong sesuai selera
  •     1 liter santan kental
  •     1 liter santan encer
  •     2 batang serai, memarkan
  •     4 lembar daun jeruk purut
  •     2 lembar daun kunyit, ikat

Bumbu Halus Resep Rendang Daging Sapi Sederhana Khas Padang Pariaman :

  •    1 ons cabai merah keriting
  •    20 siung bawang merah
  •    10 siung bawang putih
  •    5 buah kemiri
  •    2 cm jahe
  •    3 cm laos
  •    Garam secukupnya

Cara Mengolah Resep Rendang Daging Sapi Sederhana Khas Padang Pariaman :

  1. Rebus santan encer bersama bumbu – bumbu yang telah dihaluskan bersama daun kunyit, batang serai, dan daun jeruk. sambil diaduk perlahan secara terus menerusagar tidak gosong hingga mendidih.
  2. Masukkan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya kemudian Aduk sesekali. Jika santan sudah mulai mengering tambahkan santan kental sedikit demi sedikit..
  3. Masak dengan terus menerus diaduk hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak. ada baiknya anda mengguunakan api kecil, hal ini bertujuan agar tidak cepat gosong.
  4. Setelah matang, Rendang telah Siap untuk dihidangkan didalam piring saji.

Demikian Resep Rendang Daging Sapi Sederhana. Selamat mencoba!!!



About the author

160