sejarah pabrik gula kebon agung

Posted on at


            Pabrik Gula (PG) Kebon Agung untuk pertama kalinya dikenal dengan nama N.V.Suiker Fabriek Kebon Agung pada tanggal 20 Maret 1918 di Malang, oleh Tan Tjwan Bie, pemilik PG.Kebon Agung yang dibangunnya tahun 1905 .Dalam pengembangan usahanya ,ia mencari kredit dengan menghipotikkan perusahaanya kepada “ De Javasche Bank “ (sekarang Bank Indonesia) Malang .Rupanya ia tidak berhasil membayar hutangnya ,sehingga pada tahun 1932 seluruh sahamnya sudah dimilik oleh De Javasche Bank, sehingga Bank turut campur dalam manajemen dengan menunjukkan agennya di Malang sebagai Gede Legeerde Commisaris ,namun ia masih menjabat sebagai direktur .Dalam rapat umum pemegang saham luar biasa tanggal 19 November 1954 ia diberhentikan dengan hormat dari jabatannya sebagai direktur dan diumumkan pemegang saham perseroan ,yaitu : Spaar Fonds Voor Beambten Van De (Yayasan Dana Tabungan Pegawai Bank Indonesia) dan Bank Indonesia (atas nama penanam dana pensiun dan tunjangan Bank Indonesia ).

            Pada tahun 1962 ,perseroan berhasil membeli seluruh saham N.V. Cultur Maatchapiij Trangkil yang berkedudukan di Gran Venhage Belanda.Pemilik Gula Trangkil yang dibangunnya tahun 1835 ,nama perusahaanya kemudian di Indonesiakan menjadi PT. Pabrik Gula Kebon Agung (tambahan berita Negara tanggal 20 Juli 1954 No. 58) berkedudukan di Malang .Adapun jangka waktu pendirian perseroan tetap selama 75 tahun terhitung tanggal 20 Maret 1918 .Pada tahun 1962 ,pemegang saham perseroan ini bergabung menjadi suatu yayasan yang berbadan hukum sendiri dengan nama Yayasan Dana Pensiun dan Tunjangan Hari Tua Bank Indonesia ,yang menjadi pemegang saham tunggal.

            Pada tanggal 25 Februari 1992 Bank Indonesia mendirikan yayasan kesejahteraan karyawan Bank Indonesia yang kemudian diresmikan notaris Abdul latief dengan akte No. 29 tanggal 23 April 1992.Di dalam yayasan baru itu sudah termasuk yayasan Dana Pensiun dan Tunjangan Hari Tua Bank Indonesia .Sehingga sejak saat itu kepemilikan sahamnya beralih kepada yayasan kesejahteraan karyawan bank Indonesia.

            Pada tanggal 20 Maret 1993 ,genap sudah usia PT. Pabrik Gula Kebon Agung yaitu 75 tahun .oleh karena itu,sebagai pelanjut usaha perseroan didirikan PT.Kebon Agung yang berkedudukan di Jakarta , di hadapan notaris Achmad Bajumi ,SH dengan akte No. 120 tanggal 27 Februari 1993 .Perseroan ini didirikan untuk jangka waktu 75 tahun ,sejak tanggal 20 Maret 1993 sampai tanggal 20 Maret 2068 .Terhitung tanggal 22 Maret dalam rapat umum luar biasa pemegang saham PT. Kebon Agung telah diputuskan bahwa yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia menjadi pemegang saham tunggal PT. Kebon Agung.



About the author

160