Bitcoin Mulai Populer di Indonesia

Posted on at


Indonesia mulai memakai mata uang digital yang dikenal dengan bitcoin sebagai solusi pembayaran untuk transaksi online, serta untuk menerima dan mengirim uang, meskipun bitcoin memiliki cela.

Salah satu permasalahan adalah harga cryptocurrency tersebut yang sangat fluktuatif. Kecemasan soal serangan siber terhadap software yang menampung bitcoin juga berujung pada pertanyaan apakah bitcoin cara yang aman untuk menyimpan uang.

Namun lebih banyak orang Indonesia kini mengacuhkan kritik atas Bitcoin dan mulai memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan teknologi ini. Banyak warga tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit, sementara transfer uang dikenakan biaya transaksi tinggi.

Sebagian besar pemakai bitcoin di Indonesia kini memakainya untuk membayar jasa di Internet, seperti web hosting. Mata uang digital ini juga dapat dipakai untuk memesan kamar hotel lewat situs-situs internasional. Bitcoin dipandang lebih efektif dibanding kartu kredit.

“Banyak yang beranggapan Bitcoin tidak terdengar di Indonesia, namun faktanya bitcoin sekarang tengah populer,” kata Oscar Darmawan, CEO PT Bit Coin Indonesia, yang mengoperasikan situs penukaran bitcoin bernama Bitcoin.co.id.

Bank Indonesia telah mengatakan bitcoin bukanlah mata uang resmi dan telah memperingatkan penggunanya akan menanggung risikonya sendiri. Kendati demikian, sejumlah start-up menawarkan layanan bitcoin di negara berekonomi terbesar di Asia Tenggara ini untuk memanfaatkan tren ini. Berikut tiga di antaranya.

Bitcoin.co.id

Berdiri sejak 2013, situs Bitcoin.co.id memungkinkan penggunanya menjual atau membeli bitcoin.

Volume perdagangan di situs ini seputar 200 bitcoin setiap harinya, jauh di bawah pesaing iTBit asal Singapura yang menangani 2.000 transaksi bitcoin setiap hari dari Singapura dan Amerika Serikat. Namun Oscar mengatakan perkembangan situsnya pesat: jumlah pengguna terdaftar naik tujuh kali lipat dari tahun lalu, dari 8.000 ke 56.000 pengguna saat ini.

Situs ini juga menyediakan informasi tentang valuasi terbaru bitcoin (setiap pasar memiliki indeks tersendiri), harga tertinggi dan terendah setiap hari, volume perdagangan, dan kapitulasi pasar.

Oscar mengatakan bitcoin.co.id menangguk pendapatan dengan mengenakan tarif 0,3% bagi pembeli bitcoin.



About the author

160