Khasiat Kulit Manggis Untuk Asam Urat

Posted on at


Bagi Anda yang sedang menderita penyakit asam urat, tidak perlu berkecil hati. Ada khasiat kulit manggis untuk pengobatan asam urat. Ya benar, khasiat kulit manggis untuk asam urat sudah terbukti. Bagi sebagian orang manfaat atau khasiat kulit manggis untuk pengobatan asam urat mungkin masih merupakan sesuatu yang cukup asing buat kita. Tapi fakta membuktikan bahwa kulit mangggis berkhasiat untuk mengobati asam urat. Anda juga tidak perlu kuatir, karena pengobatan dengan cara ini adalah pengobatan herbal atau alami.



Apa itu Asam Urat ?




Penyakit asam urat merupakan jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.





Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.


Khasiat Kulit Manggis Untuk Asam Urat





Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis berfungsi untuk mengurangi terjadinya kerusakan sel sebagai akibat dari adanya radikal bebas dalam tubuh. Khasiat kulit manggis untuk pengobatan asam urat lain adalah karena adanya kandungan bahan kimia alami yang digunakan sebagai anti peradangan sehingga ini sangat berguna untuk mengobati penyakit asam urat.

Khasiat kulit manggis untuk asam urat dikarenakan kristal asam urat yang telah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh dapat dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui urin atau kotoran. Pengeluaran zat purin yang menumpuk menjadi kristal dalam persendian ini dikarenakan adanya zat antibodi sehingga dapat disembuhkan dengan lebih cepat. Manfaat kulit manggis untuk obat asam urat juga disebabkan karena adanya zat mangostin yang dipercaya dalam menyembuhkan luka secara lebih cepat.

Khasiat kulit manggis untuk obat asam urat sangat berkaitan dengan adanya protein alami yang sangat baik untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, maka khasiat kulit manggis untuk obat asam urat akan makin sempurna bila penderita memperbanyak minum air putih dan meninggalkan kebiasaan buruk, misalnya minum kopi dan mengonsumi alkohol.

Anjuran Untuk Penderita Asam Urat

Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:



  • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)

  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.

  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti:


          Sayuran dan buah-buahan
          Kentang
          Alpukat
          Susu dan yogurt
          Pisang



  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry



About the author

160