MANFAAT SELEDRI BAGI KESEHATAN

Posted on at


"SERBA SERBI SEPUTAR MANFAAT SELEDRI"

Sedang heboh dan beredar luas artikel tips CUCI GINJAL gratis dengan seledri di dunia maya. Sebagian info bener namun byk salah kaprahnya. Kuatir malah semakin membuat org sakit gara2 mempraktekkan ilmu yg tdk berbasis science dan riset membuat saya tergeltik untuk ikut sharing juga tentang manfaat sebenarnya dari seledri.

Serba-serbi seputar Seledri

Ada manfaat kesehatan didalam seledri yang tidak kita sadari, termasuk fakta bahwa seledri kaya akan vitamin C, mampu menurunkan kolesterol, mencegah kanker, menekan rasa sakit dari arthritis/radang sendi, membantu penurunan berat badan, mendetoksifikasi racun tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Seledri merupakan tanaman yang juga dikonsumsi sebagai sayuran,seledri dapat ditemukan di seluruh dunia, dan sebagai bagian utana dari masakan budaya tertentu itu. Seledri kemungkinan besar menurut sejarah berasal dari wilayah Mediterania. Tanaman ini sekarang dibudidayakan secara global, dan merupakan bagian dari setiap masakan dari Amerika dan Irlandia ke Jepang dan juga negara kita Indonesia.

Seledri paling sering ditemukan dalam sup dan salad, atau sebagai hiasan untuk hidangan tertentu.

Nilai gizi dari Seledri
Seledri mengandung mineral seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, besi, seng, kalium. Selain itu juga mengandung asam lemak dan vitamin termasuk vitamin A, C, E, D, B6, B12, dan vitamin K. Ia juga mengandung thiamin, riboflavin, asam folat dan serat. Banyak sekali bukan kandungan nilai gizi didalam seledri.

Nah sekarang kita lanjut pada manfaat kesehatan dari Seledri berikut ini:

1. Menurunkan tekanan darah: 
Seledri mengandung pthalides, yang merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah Anda.

Hal ini memungkinkan pembuluh darah Anda untuk mengembang, memberikan darah lebih banyak ruang untuk mengalir sehingga mengurangi tekanan. Ketika tekanan darah berkurang, mengurangi tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular, dan mengurangi kemungkinan mengembangkan aterosklerosis, atau menderita serangan jantung dan stroke.

2. Mengurangi kolesterol: 
Makan seledri setiap hari dapat mengurangi penyumbatan arteri akibat kolesterol (LDL disebut atau kolesterol "buruk"). The pthalides dalam seledri juga merangsang sekresi cairan empedu, yang bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol. Berkurangnya kadar kolesterol jahat berarti ikut menurunkan resiko timbulnya plak pada dinding arteri dan perbaikan umum dalam kesehatan jantung.

Serat yang ditemukan dalam seledri juga bekerja untuk mengikis kolesterol dari aliran darah dan menghilangkan dari tubuh kita sehingga akan lebih meningkatkan kesehatan jantung.

3. Antiseptik: 
Olahan daun hingga biji Seledri membantu dalam menurunkan asam urat karena sifat diuretiknya (merangsang buang air kecil). Oleh karena itu, seledri baik untuk orang-orang dengan gangguan kandung kemih, masalah ginjal, sistitis, dan kondisi serupa lainnya. Biji seledri juga membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita. Nah poin inilah yang barangkali dimaksudkan sebagai istilah CUCI GINJAL.

4. Sendi yang sehat: 
Seledri sangat bagus untuk orang yang menderita arthritis, rematik dan asam urat. Didalamnya terkandung manfaat sebagai sifat anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi. Batang seledri juga bertindak sebagai diuretik, yang membantu untuk menghilangkan kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi tubuh yang dapat menambah rasa sakit. Hal ini juga dapat meningkatkan perbaikan kembali jaringan di sendi meradang.

5. Mencegah kanker: 
Seledri mengandung phthalides, flavonoid, dan polyacetylenes. Komponen ini dapat melawan sel kanker dengan mendetoksifikasi karsinogen. Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih tertentu, yang secara efektif dapat mencegah sel kanker juga.

Komponen-komponen antioksidan akan menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan organ kita. Antioksidan akan merusak dan menetralisir radikal bebas itu sebelum mereka dapat memicu perkembangan kanker.

6. Peningkatan sistem kekebalan tubuh: 
Seledri kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Dirangsang oleh aktivitas antioksidan lainnya dalam seledri, sehingga bekerja menjadi lebih aktif dan efisien. Karena tingginya kandungan vitamin C dalam seledri, makan secara teratur dapat mengurangi risiko Anda terserang flu/ pilek, serta melindungi Anda terhadap berbagai penyakit lainnya terutama yang terkait viral infection.

7. Mengurangi Gejala asma:
Sifat anti-inflamasi dalam seledri pada akhirnya juga dapat mengurangi kambuhnya peradangan yang terkait dengan asma.

8. Meringankan gejala migrain: Kehadiran coumarin dapat membantu penyembuhan dari migrain. Mekanisme yang tepat tidak sepenuhnya dipahami, tetapi poin penelitian sifat anti inflamasi dan anti nyeri selesri dapat menekan Nitric Oxide dihasilkan otak yang dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain.

9. Mengurangi resiko rematik: 
Seledri yang mengandung 85% 3nB, efektif untuk mengobati arthritis dan nyeri otot.

10. Diabetes: 
Daun Seledri juga dikonsumsi untuk membantu bersamaan dalam pengobatan kondisi diabetes, terutama karena mereka tinggi serat, yang telah terbukti untuk membantu memperbaiki gejala diabetes.

11. Menurunkan Berat badan: 
Manfaat kesehatan dari seledri termasuk juga dalam pengaturan berat badan. Minum secara teratur jus seledri sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Hal ini karena seledri sangat rendah kalori, tetapi sangat mengisi perut karena kandungan serat. Oleh karena itu, dapat membantu mengurangi kecenderungan untuk makan berlebihan dan membantu Anda menjaga berat badan turun tanpa merasa lapar sepanjang waktu.

Bagaimana Cara memilih dan menyimpan seledri?

Pilih seledri yang berwarna hijau, tidak memiliki perubahan warna, memiliki daun segar. Menyimpannya di kulkas dan gunakan jangan lebih dari 5-7 hari. Jangan ditaruh didalam freezer supaya tidak membeku.

Seledri dapat diolah dalam sajian salad, sup, jus dan masih banyak lagi pemanfaatannya dalam kuliner.

Peringatan:
Biji Seledri mengandung minyak atsiri, flavonoid, kumarin dan asam linoleat dan karena itu tidak baik untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Sifat dan manfaat seledri hanyalah sebagai pencegahan dan bukan pengobatan utama sebuah penyakit. Jadi jika sakit berlanjut silahkan utk berkonsultasi dgn dokter terdekat anda. 



About the author

160