Masa-Masa Sulit

Posted on at


Suka atau tidak, akan ada masa-masa sulit dalam hidup kita. Anda mungkin kehilangan pekerjaan, gagal dalam bisnis, atau terkena penyakit. Apa pun itu, sangatlah penting untuk anda tidak kehilangan harapan. Anda harus memiliki harapan bahwa anda akan mampu melewatinya. Jika tidak, anda hanya akan menyeret diri semakin ke bawah. Anda akan masuk ke dalam lingkaran setan di mana sikap negatif anda membuat situasi semakin buruk, yang membuat anda bahkan berpikiran lebih negatif, dan seterusnya.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Bersiaplah untuk masa-masa sulit sehingga anda bisa menjalani dan melaluinya ketika mereka datang.

Berikut adalah bagaimana untuk tidak kehilangan harapan dalam masa-masa sulit:

1. Miliki iman

Berdasarkan pengalaman, agar tidak kehilangan harapan, anda harus memiliki iman. Anda harus percaya bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik pada akhirnya .

Dalam kasus-kasus yang saya alami, saya percaya bahwa Tuhan mengendalikan hidup saya dan memiliki rencana yang baik bagi saya. Tidak peduli seberapa buruk situasi yang terlibat, saya telah belajar untuk mempercayai-Nya, bahkan jika saya tidak mengerti bagaimana hal-hal akan bekerja. Seiring waktu, hal-hal berubah menjadi baik, meskipun seringkali dengan cara-cara yang tidak saya mengerti sebelumnya.

Hanya untuk memberikan contoh, suatu ketika saya pernah menjalankan sebuah bisnis dan gagal. Itu adalah pengalaman yang benar-benar buruk, terutama mengingat cukup banyak uang yang saya keluarkan pada awalnya. Singkat cerita, dari kegagalan bisnis saya itu, saya mulai mengenal bisnis lain dan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan prediksi keuntungan yang bakal saya terima dari bisnis saya yang gagal tersebut.

Pengalaman seperti ini memperkuat keyakinan saya bahwa iman sangat penting dalam masa-masa sulit. Bahkan, saya rasa menjadi tip paling penting disini, sehingga saya menempatkannya di urutan pertama.

2. Ingat pertanyaan “mengapa” anda

Ketika anda berada dalam masa-masa yang sulit, pertama-tama yang harus anda ingat adalah: mengapa anda melakukan apa yang anda lakukan saat ini? Apa yang akan anda lakukan setelahnya? Refleksi pertanyaan “mengapa” anda akan memberi anda kekuatan untuk terus berjalan karena penyebabnya akan menarik anda untuk terus maju ke depan. Sebagaimana Viktor Frankl pernah berkata: “Mereka yang memiliki kata ‘mengapa’ untuk hidup, akan bertahan dengan hampir semua kata ‘bagaimana’.”

Terdapat dua poin di sini:
1. Selalu memiliki alasan dalam apapun yang anda lakukan. Sederhananya, jika anda tidak memiliki alasan mengapa anda melakukan sesuatu, maka jangan melakukannya.
2. Selalu ingat apa alasannya tersebut. Simpan dalam pikiran anda sehingga anda tidak melupakannya.

Agar efektif, alasannya harus lebih besar dari diri sendiri. Sebuah “alasan” yang egois tidak akan berfungsi. Ini harus menjadi sesuatu yang memberi anda kepuasan batin ketimbang penghargaan eksternal.

3. Berada di sekitar orang-orang yang mendukung

Melalui masa-masa sulit akan menjadi perjuangan yang berat, tapi melaluinya sendiri akan menjadi jauh lebih berat. Anda perlu sekelompok orang positif yang dapat mendukung anda. Anda harus menjadi bagian dari sebuah komunitas yang peduli dan mendorong satu sama lain. Jika anda tidak memilikinya, saran saya adalah untuk mulai mencarinya minimal satu orang. Jangan menunggu sampai anda membutuhkannya, karena pada saat itu akan terlambat. Anda perlu komunitas positif sebelum masa-masa sulit datang.

4. Membantu orang lain

Sebuah keuntungan tambahan berada di sebuah komunitas yang baik adalah mendorong anda untuk berpikir tentang orang lain. Dengan cara ini anda menggeser fokus anda dari diri anda sendiri. Akibatnya, situasi anda tidak akan terlihat seburuk jika anda berlaku sebaliknya.

Seringkali situasi tampak lebih buruk daripada yang sebenarnya karena kita memberikan terlalu banyak perhatian. Pergeseran beberapa perhatian anda akan menempatkan situasi dalam perspektif yang lebih baik.

***

Ketika anda berada dalam masa-masa yang sulit, ingatlah: jangan pernah kehilangan harapan. Harapan sangatlah penting. Jika anda sampai kehilangan hal itu, anda sudah kehilangan permainan. Selain itu, ini adalah bentuk tanggung jawab anda sebagai manusia untuk tidak kehilangan harapan.



160