5 Langkah Mudah Membangun Kepercayaan Secepatnya

Posted on at


 

Kepercayaan tidak hanya menjadi hal penting dalam kehidupan sosial kita. Saat Anda berbisnis, kepercayaan dapat menjadi pemicu kesuksesan Anda. Oleh karena itu, Anda harus membangun kepercayaan tidak hanya dengan pelanggan, tetapi juga dengan semua aspek dalam perusahaan Anda. Dan, berikut 5 cara membangun kepercayaan dengan cepat.

Transparan dan Konsisten
Anda harus mampu terbuka dan membagi informasi kepada karyawan, pelanggan maupun investor Anda. Untuk melakukan hal ini, diperlukan komunikasi yang baik. Lakukan ini secara teratur, sehingga mereka merasa nyaman dengan Anda. Yang pada akhirnya, kepercayaan mereka terhadap Anda akan tumbuh dan menguat.

Jujur dan Relevan
Saat Anda berbicara dengan orang lain, ceritakan mengenai diri Anda secara jujur yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ceritakan bagaimana Anda menghadapi kesulitan dan tantangan dalam bisnis, hingga akhirnya berhasil. Dengan cara ini, orang lain, yaitu pelanggan, karyawan ataupun investor akan menghargai Anda. Dampaknya, mereka akan merasa bahwa bisnis Anda dapat dipercaya dan berada di tangan yang tepat.

Individualisme
Mungkin hal ini terdengar sebagai salah satu masalah atau hal buruk yang harus dihilangkan. Namun, tidak dapat dipungkiri, semua orang memilikinya. Sifat ini juga sering disebut sebagai zona nyaman seseorang.
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus menyadari akan hal ini. Jadi, setiap pelanggan atau karyawan Anda akan berusaha untuk mengubah hidup mereka sesedikit mungkin, ketika Anda menawarkan hal yang baru.
Yang perlu Anda lakukan adalah membiarkan orang lain, yaitu pelanggan dan karyawan Anda melihat siapa Anda sebenarnya. Jujur dan tidak perlu ditutup-tutupi. Tetapi, Anda juga harus siap untuk menerima orang lain apa adanya. Cara ini akan mampu membangun kepercayaan dengan cepat.

Referensi
Setiap manusia mempunyai rasa keingin tahuan yang sangat besar. Karena sifat ini pula, ketakutan sering muncul saat seseorang tidak mengetahui akan suatu hal. Hal ini juga berlaku di dunia bisnis.
Anda harus memberikan referensi dan inforamsi yang lengkap dan detail untuk karyawan maupun pelanggan. Imbangi pula dengan proyeksi Anda untuk masa depan. Hal ini akan memperkuat kepercayaan karyawan kepada Anda. Denga kepercayaan yang kuat, mereka akan mampu menghadapi berbagai macam tantangan di perusahaan di masa depan.
Pelanggan pun akan merasa nyaman, karena mereka tahu apa yang akan mereka dapatkan. Bagi dan jelaskan visi dan misi Anda, sehingga mereka semua tahu apa yang Anda lakukan.

Otoritas Awal
Beri karyawan Anda otoritas awal untuk membangun kepercayaan diri mereka sendiri. Bila hal ini berhasil, maka mereka akan mudah untuk mempercayai Anda. Selain itu, beri bukti yang kuat bahwa Anda dapat diandalkan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan antar pelanggan maupun karyawan.

 

 



About the author

ryandj

Like Music

Subscribe 0
160