Dampak Jejaring Sosial

Posted on at


Ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", ya pepatah itu benar apa adanya. Dari post sebelumya, ditunjukan bahwa kita adalah makhluk sosial, makhluk yang yang dapat berinteraksi sosial dengan sesama manusia. Banyak sekali cara untuk kita berinteraksi sosial. Salah satunya adalah dengan jejaring sosial (social networking).

Mungkin bagi kita sudah tidak awam akan dengan adanya jejaring sosial. Di mana di dalam jejaring sosial ini kita dapat bertemu dengan semua orang dari berbagai belahan penjuru dunia. Sebut saja Facebook, salah satu pelopor jejaring sosial yang usernya sudah satu miliyar lebih. Banyak sekali dampak baik dan buruk yang telah dikeluarkan oleh jejaring sosial. Berikut dampak nya

Dampak Baik

1. Mendekatkan yang jauh

Kita tahu bahwa jarak merupakan salah satu halangan untuk berinteraksi terhadap sesama. Akan tetapi dengan adanya jejaring sosial, jarak bukan merupakan halangan lagi. Jejaring sosial tidak mengenal adanya jarak. Mau dimana pun mereka berada, kita tetap bisa berinteraksi. Hal tersebut dikarenakan jejaring sosial terkoneksi dengan dunia maya.

2. Menambah banyak teman atau kenalan

Dengan banyak nya user dalam suatu jejaring sosial, maka kita dapat banyak teman maupun kenalan dari seluruh penjuru dunia.

3. Berbagi informasi secara cepat


Dampak Buruk

1. Menjauhkan yang dekat

Tanpa sadar, dengan adanya jejaring sosial. Membuat kita menjadi sibuk akan jejaring sosial dan lupa akan kehidupan sosial yang nyata. Hal ini dapat membuat kita menjadi mengunci diri di lingkungan sekitar. Padahal interaksi sosial itu sendiri dpata kita dapatkan dari lingkungan sekitar.

2. Banyak nya berita palsu

Jejaring sosial juga sudah mulai digunakan oleh banyak pihak jahat. Contohnya adalah dengan membuat berita palsu (hoax). Hal ini dapat menimbulkan fitnah pada seseorang.

3. Penipuan

Penipuan kerap sekali terjadi di dalam jejaring sosial. Entah itu transaksi jual beli, maupun kriminalitas. Hal ini perlu adanya pengawasan dari masyarakat dan juga badan penegak hukum.

 4. Lupa Waktu

Tanpa sadar juga, waktu kita termakan akan kehidupan virtual yang berada di jejaring sosial. Mengingat betapa pentingnya waktu tersebut, maka kita harus cermat dalam membagi waktu untuk melakukan interaksi di jejaring sosial.



About the author

160