EMC ( English Mastering Course) Pare Kediri Jawa Timur

Posted on at


Dengan berekembangnya jaman, penguasaan lebih dari satu bahasa telah menjadi aspek yang sangat penting. Sebagai bangsa yang akan memasuki era globalisasi dan Free Trade Era maka tuntutan untuk menguasai bahasa asing semakin tinggi. Bahasa Inggris sebagai bahasa dunia telah menjadi bahasa yang wajib untuk dikuasai setiap orang agar dapat mengikuti perkembangan jaman tersebut. Bahasa Inggris tidak hanya digunakan sebagai bahasa pengantar dalam dunia bisnis tetapi juga dalam dunia pendidikan.

Melihat pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau bisa juga disebut sebagai bahasa kedua, maka banyak orang yang melihat pentingnya penguasaan bahasa Inggris sejak dini. Oleh karena itu, bahasa Inggris telah mulai dipelajari sejak sekolah dasar. Pembelajaran bahasa Inggris tersebut terus mengalami perkembangan hingga ke sekolah menengah atas.

Berdasarkan interview yang telah dilaksanakan terhadap beberapa siswa yang mengikuti kursus bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris EMC mengungkapkan bahwa mereka menyadari pentingnya menguasai bahasa Inggris untuk masa yang akan datang. Siswa-siswi tersebut mengungkapkan bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa international sehingga untuk dapat masuk ke dunia kerja dan berinteraksi dengan orang lain, maka mereka perlu untuk menguasai bahasa tersebut. Selain itu, di beberapa sekolah SMA sederajat, saat ini pelajaran-pelajaran telah diajarkan dalam bahasa Inggris. Mereka juga mengungkapakan bahwa sebagai siswa yang juga berencana untuk masuk perguruan tinggi, penguasaan bahasa Inggris juga sangat diperlukan karena buku-buku teks lebih banyak dalam bahasa Inggris. Para siswa ini, yang menilai kemampuan bahasa Inggris mereka belum optimal, tujuan mereka mengikuti bimbingan belajar di EMC adalah agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka terutama dalam berbicara, speaking, menulis, writing, grammar, dan listening.    

Lembaga Kursus Bahasa Inggris EMC (English Mastering Course) merupakan sebuah institusi yang juga bergerak dibidang pengembangan bahasa Inggris. Lembaga ini membuka kelas untuk anak Basic, Intermediate, TOEFL, IELTS, Teacher Program. Menurut staf pengajar, Mr. Moh. Zainuri, diantara murid-mudridnya banyak terdapat anak-anak yang cemas ketika belajar bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari adanya murid yang tidak berani mengungkapkan pendapatnya ketika sedang ada diskusi dalam kelas.

Dalam belajar bahasa Inggris terdapat beberapa aspek yang dipelajari. Aspek-aspek tersebut adalah listening, speaking, reading, writing dan grammar. Menurut siswa—siswi yang telah diinterview maka aspek yang paling sulit untuk dipelajari adalah aspek listening. Mereka akan lebih sulit untuk menangkap maksud dari pembicaraan karena tidak dapat memahami aksen yang digunakan. Hal ini kemudian menimbulkan rasa khawatir dalam diri mereka karena setelah sesi listening Ada juga siswa yang mengatakan bahwa aspek grammar merupkan bagian yang tersulit. Untuk aspek reading dan writing siswa yang telah diinterview mengungkapkann bahwa kedua aspek ini masih relative lebih mudah. Aspek berbicara (speaking) merupakan salah satu aspek yang juga dapat menimbulkan kecemasan. Sebagian siswa jarang sekali berlatih menggunakan bahasa Inggris dengan teman-temannya. Meskipun mereka menyadari penting berlatih berbicara dengan teman, mereka takut terhadap pandangan orang lain terhadap latihan berbicara mereka.

Dengan demikian maka salah satu aspek yang juga dapat menimbulkan kecemasan adalah rasa cemas yang dimiliki oleh siswa ketika belajar bahasa Inggris. Hal ini kemudian berpengaruh terhadap penguasaan mereka akan bahasa tersebut. Krashen (1985a,1985b) mengatakan bahwa kecemasan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk memproses bahasa yang masuk dan memutuskan proses acquisition bahasa. Seringkali sebuah interaksi antara kecemasan, tingkat kesulitan tugas, dan kemampuan seseorang, yang kemudian mempengaruhi input, prossessing, retrieval, dan tingkat output. Apabila kecemasan dapat menurunkan fungsi kognisi maka seseorang yang memiliki kecemasan akan belajar lebih sedikit dan tidak dapat mendemonstrasikan apa yang telah mereka pelajari. Yang kemudian dapat menyebabkan mereka semakin mengalami kegagalan yang dapat miningkatkan tingkat kecemasan mereka.

Agar dapat membantu mengatasi rasa cemas yang dimiliki maka seseorang yang sedang belajar bahasa asing memerlukan suatu strategi belajar yang tepat agar dapat membantunya menguasai bahasa asing tersebut dengan lebih cepat. Dengan menggunakan strategi belajar yang tepat maka dapat membantu seorang siswa dalam belajar sehingga belajar bahasa asing menjadi lebih mudah, lebih menyenangkan dan lebih efektif.

beberapa foto berkenaan dengan EMC:

1. proses belajar mengajar

2. morning conversation

3. Meeting program atau lomba pidato bahasa Inggris

 

 

4. Praktek di Bali

Yang berminat belajar bahasa Inggris hubungi no saya



About the author

moh-sodik

I am a simple person who wanna be the great person by always studying and studying everything to be better than before.

join me now here https://www.tsu.co/mohsodik

Subscribe 0
160