Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin?

Posted on at


Semua orang tahu sekarang bahwa Bitcoin sangat rentan, bahkan dengan harga yang cukup stabil saat ini. Namun, anda mungkin bertanya-tanya apa hal-hal yang berkontribusi terhadap harga dan bagaimana anda siap untuk apa yang akan terjadi mendatang. Cryptocoinsnews akan membawa anda melalui beberapa faktor harga Bitcoin paling berpengaruh sehingga anda tidak akan pernah bertanya-tanya mengapa harga telah berubah.

Faktor Harga Bitcoin# 7: Peraturan Pemerintah

Beberapa orang ingin melihat Bitcoin menjadi lebih teratur karena ketika pemerintah mengatur Bitcoin, mereka menyatakan hal itu sebagai legal ataupun ilegal. Jika legal, Hukum yang mengatur Bitcoin membantu orang untuk mengukur kegunaan dan ketahanannya. Namun di sisi lain, kita memiliki orang-orang yang takut peraturan pemerintah. Sebagai inti dari mata uang desentralisasi adalah untuk tetap terdesentralisasi sehingga tidak ada yang bisa mengendalikannya.

Faktor Harga Bitcoin# 6: Pembeli

Tanpa ada masyarakat yang menggunakan Bitcoin sebagai mata uang, Bitcoin tidak akan melayani tujuan apapun sebagai mata uang. Ketika orang membayar untuk sesuatu dengan Bitcoin, mereka menambah kredibilitas dan menunjukkan pada dunia bahwa ada orang yang ingin menggunakan Bitcoin untuk membayar sesuatu. Perusahaan seperti Dell, New Egg, dan Dish Network di antara banyak lainnya telah mengambil pernyataan kekuatan dari Bitcoin dan memungkinkan pelanggan untuk membeli produk dan layanan mereka dengan itu. Xapo menawarkan kartu kredit baru yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan Bitcoins dengan toko-toko menerima kartu debit biasa.

Meskipun pembeli tidak memiliki pengaruh langsung terhadap harga, tetapi mereka memberi tahu keseluruh dunia bahwa bitcoin itu adalah mata uang yang layak untuk digunakan. Oleh karena itu, faktor harga Bitcoin dari orang yang berbelanja di Bitcoin tidak memiliki pengaruh jangka pendek, tetapi mereka menawarkan pasar yang lebih besar.

Faktor Harga Bitcoin# 5: Penambangan

Pertambangan bitcoin adalah sebuah proses penghitungan matematik yang dilakukan pada jaringan Bitcoin. Seperti yang telah diketahui, Bitcoin berjalan dalam sebuah sistem online, dan tujuan dari penghitungan matematik tersebut adalah untuk melakukan verifikasi transaksi bitcoin yang ada di Internet. Dengan melakukan verifikasi tersebut, seorang bitcoin miner akan mendapatkan sebuah celah blok baru dalam jaringan Bitcoin yang berisi sejumlah Bitcoin baru dan bisa diambil. Di situlah seorang Bitcoin miner akan mendapatkan Bitcoin untuk dirinya. Semakin banyak proses verifikasi dan pemenuan blok baru, maka bitcoin yang dapat ditambang akan semakin banyak pula. Semakin banyak penambang, semakin aman jaringan selama tidak ada yang memiliki 51% lebih kekuatan didalam jaringan. Sebuah serangan 51% mungkin terjadi ketika satu entitas memiliki paling sedikit 51% kekuatan dari jaringan.

Contoh : Seseorang membeli sebuah rumah dengan harga 10.000 Bitcoin. Seorang agen real estate yang menjual rumah menerima dana dari si pembeli 10.000 Bitcoin. Pembeli sekarang memiliki rumah, dan agen real estate memiliki 10.000 Bitcoins dari penjualan, kan? Nah, pembeli memiliki 51% dari jaringan hashrate Bitcoin, dan mereka ingin uang mereka kembali sambil menjaga rumah. Pembeli membagi blok-rantai sebelum transaksi terjadi dan menggunakan 51% dari hash jaringan untuk berpacu melewati bagian resmi dari bagian tersebut membuat cabang baru lebih lama daripada yang asli. Dalam melakukan hal ini, seluruh jaringan sekarang melihat cabang baru sebagai cabang yang sah dan cabang asli yang berisi transaksi 10.000 BTC, sebagai cabang tidak sah. Itu berarti pembeli sekarang memiliki 10.000 nya BTC kembali. Yang dikenal sebagai serangan 51%.

Serangan 51% jaringan penambang memungkinkan membuat kejadian panic sell dan mempengaruhi harga bitcoin

Faktor Harga Bitcoin# 4: Berita

Berita tidak memainkan peran dalam harga Bitcoin. Meskipun ia menyebutkan bahwa penggemar dan pedagang profesional mendapatkan informasi sebelum orang lain dari tempat-tempat seperti BitcoinTalk dan tickers berita swasta, dan itu sangat benar, sebagian besar mendapatkan informasi dari berita. Dari mana berita mendapatkan informasi? Kami mendapatkan informasi kami dari berbagai sumber; orang-orang seperti Anda, yang mengirim email kepada kami, atau kita menjelajahi internet untuk informasi seperti penggemar dilakukan.

Faktor Harga Bitcoin# 3: Dumping Yang Di Lakukan Pebisnis

Tidak setiap tempat menerima Bitcoin, tidak setiap karyawan ingin menerima Bitcoin untuk upah mereka, dan tidak setiap sistem pemerintahan menerima Bitcoin untuk hal-hal seperti pajak. Beberapa hal masih perlu dibayar dalam bentuk mata uang fiat sehingga para pebisnis sering menjual sebagian besar bitcoin untuk membayar pengeluaran mereka. Dalam hal ini disebut “dumping”  hal ini dapat mengakibatkan tertekannya nilai bitcoin.  Tergantung pada volume penjualan perusahaan dan berapa banyak perusahaan yang menjual Bitcoin mereka pada waktu itu, kejadian ini bisa meniru “panik sell,” dan membuat harga bitcoin turun drastis.

Faktor Harga Bitcoin# 2: Penjualan di Bursa

Seperti yang Anda lihat di atas, benang merah yang mengatur mengapa faktor bekerja dengan cara yang mereka lakukan adalah karena jual beli Bitcoin terhadap mata uang lainnya. Ketika seorang trader menjual Bitcoin di bursa, tetapi pada jumlah yang sangat rendah, harga biasanya akan tidak berubah, atau akan berubah sangat sedikit. Jika trader adalah ikan paus, yaitu, seseorang dengan sejumlah Bitcoin sekitar 1.000 BTC, harga sebuah Bitcoin akan berkurang secara signifikan karena penjualan yang besar. Umumnya, si penjual tidak mengisi dengan satu harga , dan ini adalah faktor yang membuat harga turun.  Seseorang mungkin membeli 1 BTC $ 600, pembeli lain mungkin membeli 20 BTC pada $ 598, dan didalam sebuah perdagangan beberapa nilai yang berbeda mungkin terjadi di tengah, dan kemudian penjual berakhir dengan menjual 0,1 BTC ke pembeli seharga $ 500. Apa harga beli baru Bitcoin? $ 499 mungkin.

Faktor Harga Bitcoin# 1: Membeli Di Bursa

Hal terpenting yang memengaruhi nilai sebuah Bitcoin adalah berapa banyak seseorang bersedia membayar untuk satu Bitcoin, tentu saja. Ketika Anda memesan di bursa untuk membeli Bitcoin, Anda yang memutuskan nilai dari Bitcoin tersebut. Semakin banyak orang yang bersedia untuk membeli Bitcoin, tentu semakin besar kesempatan anda untuk meningkatkan nilai Bitcoin tersebut. Penjual menjual dengan harga penawaran tertinggi, jadi siapa pun penawar tertinggi pada saat ini adalah orang yang memutuskan nilai dari Bitcoin dari saat ini.

Disclaimer: Credits to Surya atau All Off Myhate neng Facebook.
http://www.cryptocoinsnews.com/faktor-harga-bitcoin/



About the author

AlifMoekti

An Indonesian quick curious auto-observant open minded and technically self-proclaimed researcher who loves understanding hypothesis by real practices

Subscribe 0
160