Festival Penis & 4 Festival Paling Unik yang hanya ada di Jepang

Posted on at


Selain bentangan alam yang menawan, Jepang rupanya punya beberapa festival yang unik. Di balik itu, tiap festival di sana mengandung arti atau sebagai simbol perayaan yang dianggap baik. Berikut, 5 festival unik di negeri Matahari Terbit!

Jepang adalah destinasi yang punya banyak keunikan, baik dari panorama alam hingga festival yang sering berlangsung di sana. Berikut 5 festival unik di Jepang:

 

1. Hadaka Matsuri, festival pria telanjang

Di Kuil Saidaiji, Okayama terdapat festival Hakada Matsuri atau yang biasa dikenal dengan Naked Men Festival. Sesuai namanya, Anda bakal melihat para pria di sana yang hanya memakai cawat ala Jepang seperti pesumo dan tidak mengenakan baju atau celana sama sekali!

Dalam festival tersebut, ribuan pria akan berjalan bersama mengelilingi kota. Festival yang biasa berlangsung tiap bulan Februari,saat Jepang dalam musim dingin bertujun untuk mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun.

2. Nakizumo Matsuri, festival bayi sumo menangis

Nakizumo memiliki arti air mata sumo. Jangan salah, bukan para pesumo yang menangis melainkan bayi. Dalam festival ini, dua pesumo masing-masing akan menggendong bayi. Lalu, mereka berdua akan mengangkat bayinya ke udara atau mengeluarkan suara-suara aneh sampai bayi menangis.

Festival ini bertujuan untuk memberikan berkah kesehatan dan mengusir roh-roh jahat pada bayi. Nakizumo Matsuri biasanya berlangsung tiap bulan April di Kuil Sensoji, Tokyo. Ada ratusan bayi yang diikutsertakan dalam festivalnya dan umur festival ini sudah berlangsung selama 400 tahun.

3. Akita Kanto, festival panen

Akita Kanto mungkin adalah festival paling meriah di Jepang. Berlangsung di Kota Akita, festival ini berlangsung tiap tanggal 3-6 Agustus tiap tahun. Di sana, Anda bisa melihat puluhan orang yang membawa kanto atau tiang bambu yang panjangnya dapat mencapai 12 meter dengan penuh hiasan lentera.

Para peserta festival ini pun harus menngangkat bambunya yang beratnya bisa mencapai 50 kg dan menjaga keseimbangan, boleh dengan tangan, kepala, atau pun pinggul. Saat malam hari, cahaya dari lentera di tiap bambunya menjadi pemandangan yang cantik. Selama perayaan Akita Kanto berlangsung, juga banyak aneka jajanan di sana. Festival ini bertujuan untuk meminta keberkahan musim panen yang lebih baik.

4. Sanja Matsuri

Salah satu festival paling meriah di Tokyo adalah Sanja Matsuri. Festival ini berlangsung di selama akhir pekan ketiga penuh pada bulan Mei di Distrik Asakusa, Tokyo. Sanja Matsuri adalah perayaan untuk pendiri Kuil Sensoji yang dianggap tertua di Tokyo dan Dewa Shinto. Festival ini pun biasanya dihadiri sekitar 2 juta orang!

Dalam festival ini, ada banyak parade yang ditampilkan. Bahkan, para Yakuza, mafia terkenal di Jepang juga ikut ambil bagian dengan memamerkan tato di tubuh mereka yang khas.

5. Kanamara Matsuri, festival penis

Kanamara Matsuri adalah festival paling heboh di Jepang bagi turis dan dikenal juga dengan nama Festival Penis. Saat festival ini berlangsung bakal ada parade ukiran dan patung-patung penis raksasa!

Festival yang berlangsung pada bulan April di Kawasaki, Kanagwa ini pun menjadi simbol kesuburan bagi masyarakat Jepang. Kanama Matsuri sudah menjadi atraksi wisata dan selalu ramai dikunjungi oleh turis. Berminat datang?



160