Holiday

Posted on at


 

Dari segi keindahan alam, Pulau Tidung terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Pulau yang merupakan bagian dari Jakarta ini terdiri dari dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Untuk mencapainya, saya dan beberapa kawan berangkat dari pelabuhan Muara Angke, yang juga berada di Jakarta, dengan menggunakan public boat dengan tarif Rp 33 ribu per orang. Dari Muara Angke, kapal berangkat setiap pagi hari pukul 07.15 Waktu Indonesia Barat (WIB).Pulau Tidung Kepulauan Seribu tak kalah dengan pulau-pulau berpenduduk lain yang sudah beberapa tahun belakangan ramai dikunjungi wisatawan lokal. Pasir pantai sebelah timur pulau berpenduduk 1000-an kepala keluarga ini cukup bersih. Pesisir pantai Pulau Tidung kecil yang dihubungkan melalui jembatan penyeberangan juga menawarkan panorama indah kala sunset menjelang.

Sayangnya,fasilitas penunjangnya belum lengkap misalnya diving dan snorkeling.Akan lebih seru karena bisa menikmati pemandangan bawah laut.Saya seperti kena hipnotis. Pulau Tidung ini begitu cantik. Laut yang membiru kehijauan mengharmoni dengan langit cemerlang dan pepohonan rindang.Pantai Timur Pulau Tidung cukup bagus. Karangnya menarik. Bagus juga untuk mancing. Saya pun menikmati suasana disana sambil motret. Satu hal yang berkesan saat di Pantai Timur adalah merasakan tidur siang di “saung nelayan”.Sisi lain yang menarik dari Pulau Tidung adalah hutan kelapanya. Pulau Tidung yang memanjang tidak semua dipenuhi bangunan rumah penduduk. Ada sisi pulau di sebelah timur yang dibiarkan tumbuh hijau dengan pohon kelapanya. Pohon ini mendominasi hampir di seluruh pulau walaupun terlihat juga cemara laut dan pohon ketapang.

Pulau Tidung yang sepi menjanjikan ketenangan bagi siapapun yang mencoba menginap di sini. Penginapannyapun relatif murah dengan penduduk yang ramah. Jadi jangan ragu untuk datang ke pulau ini. Nuasa sepi nan sendiri membuat Pulau Tidung dirindukan untuk kembali.



About the author

160