Manfaat Tanaman Hias Untuk Kesehatan

Posted on at


 

Manfaat tanaman hias salah satunya untuk kesehatan. Jika kita meletakkan tanaman hias di dalam rumah kita, banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengurangi Debu Dalam Ruangan

Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan dia bisa berfungsi sebagai pengurang debu di dalam ruangan. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Tanaman hias menciptakan kelembaban.
  • Kelembaban tersebut bisa mengurangi jumlah debu yang ada di dalam ruangan.
  • Kelembaban juga bisa menyerap debu yang ada di dalam ruangan.
  1. Tidak Membuat Mengantuk

Jika anda tidak ingin cepat mengantuk, duduklah di dekat tanaman hias. Anda tidak akan mudah mengantuk. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Tingginya kadar karbondioksida atau CO2 di dalam ruangan bisa membuat kantuk, lelah dan lesu.
  • Adanya tanaman hias di dalam ruangan bisa menyerap CO2 di dalam ruangan tersebut dikarenakan tanaman hias juga akan melakukan fotosintesis.
  • Fotosintesis akan menyerap karbondioksida sehingga karbondioksida menjadi hilang dan tidak menyebabkan kantuk.
  1. Menyegarkan Ruangan

Ruangan yang segar juga akan ditimbulkan dan diciptakan dengan adanya tanaman hias. Hal itu dikarenakan saat tanaman hias melakukan proses fotosintesis, dia akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih menyejukkan dan menyegarkan dibandingkan dengan ruangan yang penuh dengan karbondioksida. Ruangan segar lebih sehat untuk pernafasan.

  1. Mengatasi Stress

Tanaman hias juga bisa dijadikan sebagi penghilang stress. Hal itu disebabkan oleh tanaman hias yang memiliki corak, bentuk dan beraneka warna yang indah akan membuat mata menjadi segar. Tidak hanya itu saja produksi oksigen yang banyak juga bisa menyegarkan badan dan pikiran. Sehingga saat mata, badan dan pikiran segar kembali. Stress akan teratasi.

  1. Mengatasi Migrain

Banyak orang yang terserang migrain yaitu sakit kepala sebelah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan migrain, salah satunya adalah tingginya kadar karbondioksida. Karbondioksida bisa dinetralisir dengan tanaman hias yang ada di dalam ruangan. Jika karbondioksida jumlahnya menurun atau bahkan hilang, migrain yang diderita pun akan membaik.

  1. Mengobati Batuk

Batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis tertentu. Tanaman hias yang bermanfaat untuk menghilangkan batuk adalah jenis eucalyptus. Tanaman hias tersebut bisa melegakan sistem pernafasan dengan membuang dahak di dalam tenggorokan.

  1. Meredakan Hidung Mampet

Hidung mampet merupakan salah satu jenis tanda akan terjadinya influensa. Sama halnya dengan batuk, hidung mampet bisa diredakan dengan tanaman eucalyptus. Setelah menghirup aroma eucalyptus tersebut, hidung yang mampet pun akan lega kembali.

  1. Membunuh Bakteri

Tanaman dengan jenis eucalyptus bermanfaat untuk membunuh bakteri karena sifatnya sebagai antiseptik alami. Saat anda pusing karena flue dan batuk , hiruplah aroma dari bunga ini. Sakit kepala diakibatkan oleh flu akan mereda sedikit demi sedikit.

  1. Sebagai Aroma Terapi

Jenis tanaman hias dengan jenis tertentu ada yang berfungsi sebagai aroma terapi dikarenakan harumnya yang menawan. Dengan aroma terapi yang dikeluarkan, bisa menimbulkan efek tenang dan menimbulkan rasa segar. Orang juga bisa melakukan relaksasi menggunakan tanaman hias tersebut. Tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai aroma terapi adalah jenis lavender.

  1. Obat Keluarga

Ada jenis tanaman hias yang selain berfungsi sebagai penghias lahan rumah namun juga berfungsi sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman itu adalah jahe, lengkuas, kunyit dan masih banya lagi lainnya.

Baca juga : Manfaat apotek hidup

  1. Menumbuhkan Nafsu Makan

Fungsi tanaman hias lainnya adalah menumbuhkan nafsu makan. Tanaman kunyit bisa dipercaya sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak. Ada juga tanaman hias yang berfungsi sebagai penyedap masakan yaitu daun pandan.

  1. Menyehatkan Mata

Tanaman hias dengan jenis mawar merah bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata panda yang disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur bisa dikurangi dengan air rendaman bunga mawar. Radang mata juga bisa diatasi menggunakan air mawar. Caranya adalah dengan meneteskan air rendaman bunga mawar sebanyak 2-3 tetes, lalu tutup mata selama dua menit.

Baik untuk mata:



About the author

160