Mengetik 10 jari (10 fingers typing)

Posted on at


Mengetik 10 jari (10 fingers typing)

 

 

Hi…. Ini post pertama saya di blog ini. Banyak hal yang ingin saya sampaikan dan saya bagi ke setiap anda-anda sekalian, mudah-mudahan cukup berguna…

Beraktivitas menggunakan komputer, seperti browsing, mengetik, programming ataupun sekedar aktivitas ringan menggunakan laptop/PC sudah menjadi kebutuhan pada saat sekarang ini. Mengetik merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mengoperasikan komputer, banyak orang atau pengguna laptop saya rasa kurang menyadari pentingnya menguasai teknik mengetik menggunakan 10 jari atau mungkin juga sadar namun sangat sedikit kemauan untuk belajar dan berlatih. Bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan apabila sesuatu hal dijalani dengan tekun dan giat, demikian pula dengan mengetik 10 jari. Banyak orang beranggapan mengetik 10 jari merupakan hal yang sulit untuk dipelajari, tapi saya akan memberikan tips-tips yang akan mempermudah kalian memahami teknik mengetik menggunakan 10 jari dan semoga mengubah persepsi banyak orang yang berfikir bahwa mengetik dengan menggunakan 10 jari adalah hal yang sulit dilakukan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berlatih atau melakukan proses mengetik dengan menggunakan 10 jari, saya akan menjelaskan satu-persatu:

  1. Penempatan jari-jari

Penempatan jari dalam proses mengetik merupakan hal yang paling utama atau paling penting, karena posisi dari setiap jari-jari anda sangat berperan untuk memudahkan dalam menekan tuts keyboard laptop/PC yang anda gunakan. Untuk ilustrasi yang lebih jelas, amati tabel dibawah ini.

 

Tangan kiri

Bagian tuts yang ditekan

Jari kelingking

~”, 1, TAB, CAPS LOCK, LEFT SHIFT, Q, A, Z

Jari manis

2, W, S, X

Jari tengah

3, E, D, C

Jari telunjuk

4, 5, R, F, V, T, G, B

Ibu jari

SPACE

Tangan kanan

Bagian tuts yang ditekan

Ibu jari

SPACE

Jari telunjuk

6, 7, Y, H, N, U, J, M

Jari tengah

8, I, K, “,

Jari manis

9, O, L, “.

Jari kelingking

0, -, =, [, ], \, P, “;”, “/”, BACKSPACE, ENTER, RIGHT SHIFT

 

  1. Menghafal posisi tuts keyboard laptop/PC anda

Dalam proses belajar mengetik, menghafal tuts keyboard saya rasa merupakan hal yang juga penting untuk dilakukan karena apabila kita hafal tata letak setiap tuts yang akan kita tekan, kita akan lebih mudah menyesuaikan atau memposisikan jari-jari kita untuk menekan tuts keyboard tersebut, tentunya sesuai dengan bagiannya masing-masing seperti yang dijelaskan pada point nomor 1.

  1. Rahasia tuts keyboard “F” dan “J”

Apabila kalian memperhatikan pada tuts “F” dan “J”, terdapat garis horizontal yang timbul pada tuts tersebut. Tonjolan garis tersebut dibuat bukan tanpa tujuan, namun tonjolan pada tuts tersebut merupakan titik utama penempatan jari telunjuk dari kedua tangan pada saat kita mengetik. Selain itu, tonjolan akan lebih membantu kita agar dapat memposisikan jari telunjuk dengan tepat saat kita mengetik di dalam ruangan yang minim cahaya.

  1. Posisi badan pada saat mengetik

Posisi tubuh pada saat mengetik menjadi factor penentu dalam keberlangsungan proses mengetik. Banyak orang yang cepat lelah saat mengetik, merasa pegal-pegal terutama pada bagian leher dan pergelangan tangan. Posisi mengetik yang baik sebaiknya dilakukan dengan badan berada dalam posisi tegak lurus tidak membungkuk. Usahakan pergelangan tangan saat mengetik tidak menempel pada keyboard, tetapi mengambang. Dan tips untuk anda, apabila akan berada didepan laptop/PC dalam jangka waktu yang lama (>1 Jam) sebaiknya gunakan kacamata untuk melindungi mata anda. Selain itu, jangan selalu terpaku pada layar monitor, sesekali anda perlu melihat ke benda yang lebih jauh kemudian kembali menatap computer, hal ini dimaksudkan agar otot mata anda tidak menjadi kaku yang dapat mengakibatkan mata menjadi minus.

  1. Cara berlatih agar tidak cepat bosan

Cara setiap orang tentunya berbeda-beda dalam mensiasati agar tidak cepat bosan pada saat berlatih. Namun, sedikit saran untuk anda yang sedang berlatih atau yang akan berlatih. Berlatihlah pada saat mood anda sedang baik, dan selalu berfikir bahwa mengetik 10 jari adalah salah satu target yang harus anda capai. Saya menyarankan situs penyedia sarana untuk berlatih mengetik cepat yaitu 10fastfingers.com. Situs tersebut cukup bagus dan simple untuk melakukan latihan, anda tidak harus mendaftar untuk memiliki akun. Cukup masuk ke website dan mulai berlatih dengan memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa lain yang anda ingin kuasai dalam hal mengetik cepat. Setiap kali selesai mengetik, score anda akan muncul dan bisa anda share di media social seperti facebook. Saya rasa ini cukup membantu karena kita akan mengetahui perlahan peningkatan kemampuan kita dalam mengetik.

Tidak ada hal yang cukup sulit apabila kita lakukan dengan senang hati dan komitmen penuh. Mengetik 10 jari bukan hal yang sulit untuk dilakukan, apabila kita menyadari sepenuhnya manfaat yang dapat kita ambil dari keberhasilan latihan yang kita lakukan. Saya sendiri tidak cukup cepat dalam mengetik dengan 10 jari, hanya 80 kata per-menit. Namun sudah saya rasakan manfaatnya saat ini, mengetik dengan menggunakan 10 jari mempersingkat waktu pengetikan, tidak melelahkan karena tidak harus bolak-balik melihat ke keyboard karena saya sudah hafal letak tuts keyboard yang ada, dll. Begitu juga dengan anda yang ingin bisa dan mau berlatih dengan rutin, saya yakin anda bisa jauh lebih baik daripada saya.

Terimakasih, salam…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



About the author

pria-setiado

A Student in Poltekkes Kemenkes Negeri Bengkulu

Subscribe 0
160