Quarter Life Crysis

Posted on at


Quarter life crisis adalah fase dimana seseorang yang sedang mengalami kegundahan dalam menjalani kehidupan , hal ini terjadi karena adanya ketidak pastian seseorang memilih jalan hidupnya sendiri sehingga ia mengalami kegundahan yang amat sangat mendalam. Fase ini adalah fase yang akan dilalui oleh setiap orang didunia, hadirnya quarter life crisis tidak lah secara tiba-tiba tetapi fase ini datang secara perlahan ke dalam kehidupan seseorang, bahkan diri anda sendiripun tidak akan menyadari bahwa anda sedang berada dalam fase tersebut, fase ini akan anda rasakan mulai dari anda remaja hingga berumur 30 tahun.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan ketika mengalami Quarter Life Crisis, diantaranya :Murung

  1. Hilangnya arah tujuan hidup
  2. Frustasi dengan perkerjaan/karir
  3. Selalu merasa tidak puas dengan apa yang anda lakukan
  4. Merasakan bosan akan kehidupan social anda
  5. Resah dalam menjalani suatu hubungan
  6. Mulai merasakan bercampurnya emosi antara acut tak acuh, takut, panik dan juga depresi
  7. Merasa tidak lebih baik dari orang lain
  8. Berfikiran hal-hal yang membuat diri anda stress dan depresi
  9. Tidak dapat mengontrol diri ketika emosi


Ya itu lah beberapa gejala dari banyaknya gejala yang akan terjadi ketika melalui fase ini, ada juga 5 fase yang di kemukakan oleh penelitian British Psychological Society, diantaranya :

1. Perasaan terjebak dalam beberapa pilihan hidup, seperti hidup yang jalan dengan sendirinya, seperti tidak punya arah dan kendali.
2. Adanya perasaan ingin melarikan diri dari kehidupan yang sekarang dan kemudian merasa “sepertinya saya bisa mengubah hidup saya”
3. Meninggalkan pekerjaan, relationship ataupun kehidupan yang membuat anda merasa terjebak dan memulai sebuah perjalanan dimana kamu mencoba banyak sesuatu yang baru, mencari pengalaman baru,untuk mencari tahu jati diri dan apa yang sebenarnya anda inginkan.
4. Mulai membangun kehidupan yang baru.
5. Membangun komitmen-komitmen baru yang lebih selaras dengan keinginan dan aspirasi.

Fase ini atau fase yang disebut Quarter Life Crisis ini tidak bisa anda hindari dan mungkin hampir tidak ada solusi untuk menghadapi Quarter Life Crisis, kenapa begitu ? karena jalan kehidupan setiap orang berbeda-beda, bagaimana sikap yang harus kita lakukan ketika berada dalam fase ini ? Biarkan saja fase ini mengalir seperti yang seharusnya, dan pada akhirnya naluri anda sendiri lah yang menemukan jalan keluar dari fase ini.

Hal terpenting dalam menjalani hidup adalah selalu besyukur dengan apa yang anda miliki, jujur saja disaat saya mengalami fase ini (hingga sekarang) saya sangatlah kurang merasa bersyukur dengan apa yang tuhan berikan kepada saya, dan itulah pemicu yang berbahaya sehingga membuat diri anda akan merasakan depresi yang sangat amat mendalam, selalu berifikir yang aneh-aneh, dan mulai tidak percaya diri sampai-sampai anda bisa melakukan hal gila seperti ingin bunuh diri.

Fase ini sangatlah penting untuk kelanjutan hidup anda, milikilah banyak motivasi hidup yang membuat diri anda merasa harus untuk menjalani hidup anda sendiri, hargai hidup anda dan syukurilah.

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk kita semua yang membacanya, mungkin ada pesan yang akan saya sampaikan untuk anda yang membaca, hadapilah hidupmu mau sebagaimana buruknya kehidupan anda, selalu berfikiran positif, tetap optimis, selalu bersemangat dan syukurilah hidup yang anda miliki sekarang hingga tua nanti.



About the author

160