Resep Klapertart, Oleh-oleh Khas Manado

Posted on at


Berkunjung ke kota Manado tentu tidak akan lengkap rasanya jika anda tidak membawa oleh-oleh makanan khas manado juga, salah satunya adalah kue klappertart. Klappertart merupakan salah satu kue khas Manado yang resepnya telah diwariskan sejak masa penjajahan belanda dulu. Rasanya yang cukup khas menjadikan kue ini sangat laris dan diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Bagi anda yang merindukan akan rasa khas dan gurihnya klappertart, anda dapat mencoba salah satu resep andalan bunda ini yaitu Resep Klappertart Manado , ikuti langkah demi langkahnya dan dapatkan kue legendaris ini tanpa harus pergi ke manado tentunya :)

Bahan yang perlu disiapkan untuk Resep Klapertart :
375 ml susu segar
100 gram gula pasir
125 gram fress cream cair
65 gram tepung maizena
40 gram tepung terigu
75 gram margarine
4 butir telur yang dikocok lepas
1 ½ butir kelapa muda
1/8 sendok teh kayu manis bubuk
1/8 vanila essence

Bahan topping tambahan resep klapertart :
4 butir putih telur
25 gram gula pasir halus
Kismis
Kenari cincang
Kayu manis bubuk secukupnya

Cara membuat resep klappertart Manado asli :
Campurkan fresh cream cair, tepung maizena, tepung terigu. Aduk hingga adonan rata dengan sempurna.
Panaskan susu segar, gula pasir dengan api sedang hingga mendidih. Tambahkan campuran fress cream cair. Aduk adonan dengan cepat sampai mengental dan tercampur secara merata.
Matikan api, tambahkan margarine dan aduk sampai merata.
Masukkan kuning telur secara perlahan-lahan kemudian tambahkan kayu manis bubuk, vanilla essence serta kelapa muda. Aduk hingga tercampur merata.
Tuangkan di atas Loyang kemudian masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 20 menit dengan panas 150-160°C.

Untuk membuat topping sebagai tambahan resep klapertart: mixer bahan putih telur, gula pasir sampai mengembang kaku. Kemudian masukkan ke dalam plastic segitiga.
Setelah kue matang, tuangkan topping di atas klapertart. Tambahkan kismis, kenari cincang kemudian oven lagi kurang lebih selama 20 menit hingga adonan topping berwarna coklat.
Keluarkan kue dari oven, tambahkan kayu manis bubuk untuk semakin mempercantik tampilan. Dinginkan klapertart hingga siap untuk dihidangkan.



About the author

160