TUGAS

Posted on at


BAB I

PANCASILASEBAGAI SISTEM FILSAFAT

 

  1. Pengertian FILSAFAT

           Kata filsafat berasal bahasa Yunani : ”philosophia”. Seiring perkembangan jaman akhirnya dikenal juga dalam berbagai bahasa, seperti : ”philosophic” dalam kebudayaan bangsa Jerman, Belanda, dan Perancis; “philosophy” dalam bahasa Inggris; “philosophia” dalam bahasa Latin; dan “falsafah” dalam bahasa Arab.

Philos = (suka, cinta), dan

Sophia=   (kebijaksanaan).  Jadi kata filosofi berarti cinta kepada kebijaksanaan. Terdapat beberapa hal pengertian filsafat:

 Pertama, filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Definisi ini merupakan arti yang informal tentang filsafat atau kata "mempunyai filsafat",  misalnya ketika seseorang berkata: "Filsafat  saya adalah...", ia menunjukkan sikapnya yang  informal terhadap apa yang dibicarakan.

Kedua, filsafat adalah suatu proses kritik atau  pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat dijunjung tinggi. Ini adalah arti yang formal dari "berfilsafat".

Dua arti filsafat, "memiliki dan melakukan", tidak dapat dipisahkan sepenuhnya satu dari lainnya. Oleh karena itu, jika tidak memiliki suatu filsafat dalam arti yang formal dan personal, seseorang tidak akan dapat melakukan filsafat dalam arti kritik dan reflektif (reflective sense).

Ketiga, filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan. Filsafat berusaha untuk mengombinasikan hasil bermacam-macam sains dan pengalaman

kemanusiaan sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang alam. Seorang ahli filsafat ingin melihat kehidupan, tidak dengan pandangan seorang saintis, seorang pengusaha atau seorang seniman, akan tetapi dengan pandangan yang menyeluruh , mengatasi pandangan-pandangan yang parsial. 



160