Pengertian Bisskey

Posted on at


Salam Bisskey !

Bisskey Online - Pada artikel kali ini Admin akan berbagi informasi tentang Bisskey, meliputi apa arti dan bagaimana serta kenapa Bisskey digunakan khalayak ramai.

  • Apa itu Bisskey ?

 

Banyak rekan-rekan yang bertanya tentang apa itu Bisskey, sebelumnya Admin sudah pernah posting artikel mengenai pengertian Bisskey disini. Namun untuk memperjelasnya terlebih dahulu saya pisahkan siapa saja yang bisa menggunakan Bisskey. Untuk memakai Bisskey rekan-rekan harus memiliki :
- Parabola ( Dish; istilah dalam forum satelit )
- Receiver/ Digital yang bisa menginput Bisskey ( RX; biasa kami menyebutnya )
- Televisi.

dish_fa_rszd.jpg

 

Biasanya yang memakai peralatan tersebut adalah masyarakat yang jauh dari kota dan tidak dapat menangkap sinyal UHF dengan antena biasa, oleh karena itu suatu kewajiban jika ingin menonton acara TV harus memiliki peralatan diatas. Dalam perkembangan broadcasting seringkali Stasiun Televisi melakukan enkripsi terhadap siaran yang ditayangkan, dalam hal ini biasanya acara Pertandingan Sepakbola seperti Piala Dunia, Liga Top Eropa dan bahkan Liga Super Indonesia. Pengacakan yang dilakukan itu disebabkan oleh ikatan kontrak broadcast antara Stasiun pembeli hak siar dengan Pemilik Hak siar dan biasanya terdapat opsi bahwa siaran yang ditayangkan tidak boleh disiarkan secara luas ( Dalam hal ini hanya Stasiun yang mendistribusikan ke Stasiun relay untuk di nikmati pengguna UHF ). Karena itu para penonton di kota besar tidak pernah mengalami pengacakan siaran, namun sebaliknya untuk masyarakat di pedesaan tentu sangat meresahkan apalagi untuk Bola Mania. Mungkin para pengguna Bisskey harus berterimakasih kepada Google, karena dari sekian banyak artikel ternyata banyak yang membahas tentang bagaimana cara men 'decode' kode enkripsi yang dilakukan Stasiun TV. Istilah bagi hacker dalam Forum Satelit disebut dengan "Bruter", dengan menggunakan PC spesifikasi tertentu dan software CSA Rainbow ( Software untuk brute kode hex enkripsi ) maka didapatkan yang disebut Biss Key ( Key untuk acakan Biss ). Sebetulnya masih banyak jenis enkripsi dalam bidang ini, namun Admin berusaha untuk fokus dalam acakan Biss saja, karena update nya tidak tentu tergantung waktu acara TV yang di acak.

Selain membuka siaran yang diacak dengan Biss Key masih ada cara lain yang sering dilakukan para pencinta siaran TV, yaitu dengan cara Tracking Satelit. Cara ini termasuk cara pintar karena tidak mengandalkan para updater Biss key, cukup dengan sedikit pemahaman maka solusi menonton acara favorit bisa didapatkan. Istilah bagi para pelaku tracking biasa disebut Tracker, satu pengalaman menangkap sinyal dari Satelit luar pasti membuat ketagihan karena banyak satelit yang bisa di lacak di Indonesia. Dalam tracking ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari posisi satelit, posisi dish terhadap satelit dan beam satelit tersebut ( zona cakupan satelit ) seperti gambar berikut

asiasat5global5_fa_rszd.jpg


dilain kesempatan Admin akan membahas topik ini.

Kembali lagi tentang Bisskey, tidak semua receiver memiliki fitur pengisian Biss Key, hanya receiver tertentu saja yang bisa melakukan pengisian bisskey dan Admin telah membuat postnya disini.

Jadi demikianlah penjelasan dari admin tentang apa itu Bisskey dan bagaimana Bisskey digunakan dalam keseharian. Dilain kesempatan Admin juga akan berbagi informasi tentang Receiver dengan fitur ethernet yang bisa membuka enkripsi siaran pay TV luar negeri.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk rekan-rekan dan bisa menjawab pertanyaan yang sebelumnya tidak mengenal Bisskey.

Salam Bisskey !



About the author

rimbun

Im just ordinary man

Subscribe 0
160